modal dikit dapat banyak

mau membaca mengahasilkan uang

readbud - get paid to read and rate articles

Minggu, 06 Juni 2010

Rumus chi square

Rumus :

X2=


 

Keterangan:

X2    : Chi-Square

fo    : frekuensi observasi/nilai yang diperoleh dari penelitian

fh    : frekuensi harapan/nilai yang diharapkan


 


 

Askepga-po

II. Analisa data


 

No 

Data 

Masalah 

1


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2 

DS: Keluarga mengatakan bahwa 1 kamar dalam rumahnya ditempati oleh dia, istrinya dan anaknya, satu kamar ditempati oleh anaknya dan satu lagiditempati oleh kakaknya. Keluarga juga mengatakan rumahnya belum selesai dibangun.


 

DO : Rumah bapak WS terbuat dari batako yang belum di plester, tembok rumah dan kaca rumah tampak kotor. Halaman rumah bapakWS juga tampak kotorserta di sekitar halaman rumah masih tampak banyak sampah


 

DS : - Keluarga mengatakan bahwa kalau anak bungsunya KAW mengalami masalah dalam hal pemenuhan gizi (gizi buruk) dari petugas kesehatan

- Keluarga mengatakan bahwa mereka tidak pernah membuat menu atau diet khusus untuk anaknya KAW, mereka memberikan nasi sejak umur KAW berumur 1 tahun

DO : - Keluarga WS kurang mengerti tentang perawatan anak sakit

- BB KAW yang berumur 16 bulan adalah 7 Kg


 


 


 

Kerusakan penatalaksanaan pemeliharaan rumah


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Pemeliharaaan kesehatan tidak efektif


 


 


 

III Rumusan Masalah


 

1.    Kerusakan penatalaksanaan pemeliharaan rumah berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam memodifikasi lingkungan rumah ditandaai dengan keluarga mengatakan bahwa 1 kamar ditempati oleh bapak WS, istrinya dan 2 orang anaknya. Satu kamar ditempati oleh anak pertamanya dan 1 kamar lagi ditempati oleh kakak bapak WS. Rumah bapak WS terbuat dari batako yang belum di plester, tembbok rumah dan kaca rumah tampak kotor dan di sekitar halaman rumah masih tampak banyak sampah.

2.     Perawatan kesehatan tidak efektif berhubungan dengan ketidak mampuan keluarga dalam merawat anak yang sakit ditandai dengan keluarga mengatakan mereka mengetahui bahwa anak bungsunya mengalami gangguan pemenuhan gizi (gizi buruk) dari petugas kesehatan, keluarga mengatakn tidak pernah membuat menu khusus/diet untuk anaknya dan KAW telahdiberikan nasi sejak umur 1 tahun, BB KAW yang berumur 16 bulan adalah 7 Kg.

IV. Prioritas Diagnosa Keperawatan Keluarga

1. Pemberian skor pada masalah kerusakan penatalaksanaan kebersihan rumah pada keluarga bapak WS di banjar batur peguyangan kaja wilayah kerja Pustu Peguyangan Kaja Denpasar Barat.

No 

Kriteria 

Perhitungan 

Skor 

Pembenaran 

1


 


 


 


 


 


 


 


 

2


 


 


 


 

3


 


 


 

4

Sifat masalah aktual


 


 


 


 


 


 


 

Kemungkinan masalah untuk dirubah : hanya sebagian

Potensial masalah untuk dicegah : cukup

Menonjolnya masalah : masalah tidak dirasakan 

3/3 x1


 


 


 


 


 


 


 


 

½ x 2


 


 


 


 

2/3 x 1


 


 


 

0/2 x 1 

1


 


 


 


 


 


 


 


 

1


 


 


 


 

2/3


 


 


 

0 

- Satu kamar ditempati oleh 4 orang, rumah terbuat dari batako yang belum diplester, tembok rumah dan kaca rumah tampak kotor. Halaman rumah juga tampak kotor juga halaman rumah masih banyak trlihat sampah.

- Motivasi ada tapi keadaan tidak mendukung


 


 


 

- Kalau dibiarkan akan merusak keindahan lingkungan dan dapat menimbulkan penyakit

- Keluarga tidak memandang keadaan tersebut sebagai suatu yang mengancam kehidupan keluarga

Total 

2 2/3 

 

2. Pemberian skor pada masalah pemeliharaan kesehatan tidak efektif pada keluarga bapak WS di banjar batur peguyangan kaja wilayah kerja Pustu Peguyangan Kaja Denpasar Barat.

No 

Kriteria 

Perhitungan

Skor 

Pembenaran 

1.


 


 


 

2.


 


 


 

3.


 


 

4. 

Sifat masalah aktual


 


 

Kemungkinan masalah untuk dirubah : hanya sebagian

Potensial masalah untuk dicegah : tinggi

Menonjolnya masalah : masalah dirasakan dan perlu penanganan segera 

3/3 x 1


 


 


 

½ x 2


 


 


 

3/3 x1


 


 

2/2 x1

1


 


 


 

1


 


 


 

1


 


 

1 

- Keluarga sudah tahu anaknya menderita gizi buruk tapi tidak bias merawat di rumah


 

- BB anak 7 Kg , normalnya 10- Kg


 


 

- Kalau tidak ditanggulangi akan berpengaruh pada tumbang anak

- Keluarga sangat khawatir dengan keadaan anaknya, khususnya ibunya

Total 

4 

 


 

Jadi Prioritas Diagnosa Keperawatan:

1. Perawatan kesehatan tidak efektif berhubungan dengan ketidak mampuan keluarga dalam merawat anak yang sakit ditandai dengan keluarga mengatakan mereka mengetahui bahwa anak bungsunya mengalami gangguan pemenuhan gizi (gizi buruk) dari petugas kesehatan, keluarga mengatakn tidak pernah membuat menu khusus/diet untuk anaknya dan KAW telahdiberikan nasi sejak umur 1 tahun, BB KAW yang berumur 16 bulan adalah 7 Kg.

2. Kerusakan penatalaksanaan pemeliharaan rumah berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam memodifikasi lingkungan rumah ditandaai dengan keluarga mengatakan bahwa 1 kamar ditempati oleh bapak WS, istrinya dan 2 orang anaknya. Satu kamar ditempati oleh anak pertamanya dan 1 kamar lagi ditempati oleh kakak bapak WS. Rumah bapak WS terbuat dari batako yang belum di plester, tembbok rumah dan kaca rumah tampak kotor dan di sekitar halaman rumah masih tampak banyak sampah.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

V. Rencana Asuhan Keperawatan


 

No 

Dx Kep

Tujuan 

Kriteria 

Standar 

Rencana tindakan 

2


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

1

Kerusakan pelaksanaan pemeliharaan rumah b/d ketidak mampuan keluarga dalam memodifikasi lingkungan rumah


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Perawatan kesehatan tidak efektif b/d ketidakmampuan keluarga dalam merawat anak yang sakit di rumah.

Tupan :

Setelah diberikan askep selama 4 hari diharapkan keluarga dapat memelihara dan menata lingkungan agar tetap bersih

Tupen 1 :

Keluarga dapat mengenal dan mengerti cara menata dan memelihara lingkungan.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Tupen 2 :

Keluarga mampu mengambil keputusan untuk menata dan memelihara lingkungan


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Tupen 3 :

Keluarga mampu manata ulang dan memelihara lingkungan rumah


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Tupen 4 :

Keluarga dapat memodifikasi lingkungan yang dapat menunjang kesehatan


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Tupen 5 :

Keluarga mampu memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada di dalam penataan dan pemeliharaan lingkungan


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Tupan :

Setelah diberikan askep selama 1 minggu diharapkan keluarga mampu melakukan perawatan kesehatan yang efektif


 

Tupen 1

Keluarga mampu mengenal masalah gizi buruk.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Tupen 2

Keluarga dapat mengambil keputusan yang tepat untuk menangani masalah gizi buruk pada anaknya.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Tupen 3

Keluarga mampu malakukan perawatan anak dengan gizi buruk.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Tupen 4

Keluarga dapat memodifikasi lingkungan untuk mengatasi gizi buruk.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Tupen 5

Keluarga dapat menggunakan fasilitas pelayanan kesehatan secara tepat untuk mengatsai masalah gizi buruk


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Verbal


 


 


 


 

Non

verbal


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Verbal


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Verbal


 


 


 


 

Non verbal


 


 


 


 

Prilaku


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Verbal


 


 


 


 


 


 

Non verbal


 


 


 

Prilaku


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Verbal


 


 


 

Non verbal


 


 


 

Prilaku


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Verbal


 


 


 


 


 


 

Non verbal


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Verbal


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Verbal


 


 


 


 


 


 


 

Non Verbal


 


 


 


 

Perilaku


 


 


 


 


 


 

Verbal


 


 


 


 


 


 

Non verbal


 


 


 

Perilaku


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Verbal


 


 


 

Non Verbal


 


 


 

Perilaku


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Keluarga dapat menyebutkan kembali cara memelihara lingkungan
    • Keluarga kooperatif dan tidak meninggalkan tempat diskusi


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Keluarga dapat mengambil keputusan dalam memelihara lingkungan


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Keluarga mengungkapkan menata ulang lingkungan agar bersih
  • Keluarga kooperatif dan tidak meninggalkan tempat diskusi


 

  • Keluaraga mampu mempertahankan lingkungan bersih


     


     


     


 


 


 


 

  • Keluarga menyebutkan cara memodifikasi lingkungan, agar dapat menunjang kesehatan
    • Keluarga kooperatif dan tidak meninggalkan tempat diskusi
    • Keluarga mampu memodifikasi lingkungan dengan cara : menciptakan suasana lingkungan yang nyaman


 


 

  • Keluarga dapat menyebutkan fasilitas-fasilitas yang ada
  • Keluarga kooperatif dan tidak meninggalkan tempat diskusi
    • Keluarga bersedia memanfaatkan fasilitas yang ada dalam penataan dan pemeliharaan lingkungan


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       


       

    • Keluarga mampu menyebutkan pengertian, penyebab, gejala perawatan anak dengan gizi buruk


 

- Keluarga kooperatif dan tidak meninggalkan tempat diskusi


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  • Keluarga dapat mengambil keputusan untuk merubah prilaku dalam perawatan kesehatan anak.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

- Keluarga mengungkapkan merawat anak hingga status gizi anak baik


 


 


 

- Keluarga kooperatif dan tidak meninggalkan tempat diskusi


 

- Keluaraga mampu mempertahankan status gizi anak


 


 


 

  • Keluarga menyebutkan cara memodifikasi lingkungan, agar dapat menunjang kesehatan anak
    • Keluarga kooperatif dan tidak meninggalkan tempat diskusi
    • Keluarga mampu memodifikasi lingkungan dengan cara : menciptakan suasana lingkungan yang nyaman


 


 


 

  • Keluarga dapat menyebutkan fasilitas-fasilitas yang ada
  • Keluarga kooperatif dan tidak meninggalkan tempat diskusi
    • Keluarga bersedia memanfaatkan fasilitas yang ada dalam perawatan kesehatan anak


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Gali kemampuan keluarga tentang lingkungan sehat
  2. Diskusikan dengan keluarga tentang lingkungan sehat.
  3. Jelaskan pengertian lingkungan sehat
  4. Motivasi keluarga untuk mengenal lingkungan bersih
  5. Beri pujian kepada keluarga bila mampu menyebutkan cara memelihara lingkungan (mengolah sampah)


 


 

  1. Gali kemampuan keluarga tentang pengambilan keputusan
  2. Diskusikan cara menata dan memelihara lingkungn.
  3. Jelaskan cara menata lingkungan cara pengolahan sampah
  4. beri motivasi pada keluarga dalam menata rumah / lingkungan (pengolahan sampah
  5. Beri pujian pada keluarga bila mampu memelihara lingkungan rumah


 

  1. Gali kemampuan keluarga dalam memelihara lingkungan (mengolah sampah)
  2. Diskusikan dengan keluarga tentang cara memelihara lingkungan (pengolahan sampah)
  3. Jelaskan cara pen golahan sampah


 

  1. Beri motivasi kepada keluarga agar mau memelihara lingkungan bersih

    5. Beri pujian bila keluarga bila mau dan mampu mempertahankan kebersihan lingkungan


 


 


 

  1. Gali pengetahuan keluarga tentang cara memodifikasi lingkungan (pengolahan sampah)
  2. Diskusikan dengan keluarga tentang cara memodifikasi lingkungan (mengolah sampah)
  3. Jelaskan pada keluarga agar mau menata ulang lingkungan (tempat pembuangan sampah)
  4. Beri motivasi kepada keluarga agar mau menata lingkungan
  5. Beri pujian bila keluarga mau dan mampu menata lingkungan.


 


 


 


 

  1. Gali pengetahuan keluarga tentang fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada yang menunjang kesehatan lingkungan
  2. Diskusikan dengan keluarga tentang fasilitas kesehatan yang ada
  3. Jelaskan pada keluarga tentang fasilitas kesehatan yang ada
  4. Motivasi keluarga untuk mau memanfaatkan tempat pelayanan kesehatan
  5. Beri pujian apabila keluarga mau memanfaatkan tempat yan kes untuk berkonsultasi tentang keehatan lingkungan


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Gali pengetahuan keluarga tentang pengertian, penyebab, gejala, perawatan anak dengan gizi buruk
  1. Diskusikan dengan keluarga tentang masalah gizi buruk
    1. Jelaskan pengertian , penyebab, gejala, perawatan anak dengan gizi buruk
    2. Motivasi keluarga untuk melakukan perawatan secara efektif untuk anaknya.
  1. Beri pujian kepada keluarga bila mampu menyebutkan cara perawatan anak dengan gizi buruk


 

  1. Gali kemampuan keluarga dalam pengambilan keputusan
  2. Diskusikan dengan keluarga tentang cara melakukan perawatan kesehatan anak
  3. Jelaskan cara merawat anak dengan gizi buruk
  4. Beri motivasi kepada keluarga dalam melakukan perawatan kesehatan anak
  5. Beri pujian bila keluarga bila mau dan mampu melakukan perawatan kesehatan anak


 

  1. Gali kemampuan keluarga dalam merawat anak dengan gizi buruk
  2. Diskusikan dengan keluarga tentang cara merawat anak hingga status gizi anak baik


 

  1. Jelaskan cara merawat anak hingga status gizi anak baik
  2. Beri motivasi kepada keluarga agar mau merawat anak hingga status gizi anak baik
  3. Beri pujian bila keluarga bila mau dan mampu merawat anak hingga status gizi anak baik


 


 

  1. Gali pengetahuan keluarga tentang cara memodifikasi lingkungan agar dapat menunjang kesehatan anak
  2. Diskusikan dengan keluarga tentang cara memodifikasi lingkungan (memberi suasana yang nyaman untuk makan)
  3. Jelaskan pada keluarga agar mau menata ulang lingkungan agar dapat menunjang kesehatan anak
  4. Beri motivasi kepada keluarga agar mau menata lingkungan
  5. Beri pujian bila keluarga mau dan mampu menata lingkungan.


 


 

  1. Gali pengetahuan keluarga tentang fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada yang menunjang kesehatan anak
  2. Diskusikan dengan keluarga tentang fasilitas kesehatan yang ada
  3. Jelaskan pada keluarga tentang fasilitas kesehatan yang ada
  4. Motivasi keluarga untuk mau memanfaatkan tempat pelayanan kesehatan
  5. Beri pujian apabila keluarga mau memanfaatkan tempat yan kes untuk berkonsultasi tentang keehatan anak

 

VI. Implementasi dan Evaluasi

No 

Waktu 

Dx/Tupen 

Implementasi 

Evaluasi 

1


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2 

Kamis

27/9/2007

Pk. 09.00


 


 


 


 


 

Kamis

27/9/2007

Pk. 09.00


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Jumat

28/9/2007

Pk. 09.00


 


 


 


 


 


 


 


 

Sabtu

29/9/2007

Pk. 09.00


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Minggu

30/9/2007

Pk. 09.00


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Senin

1/10/2007

Pk. 09.00


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Selasa

2/10/2007

Pk. 09.00


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Rabu

3/10/2007

Pk. 09.00


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Kamis

4/10/2007

Pk. 09.00 

1/Tupen1


 


 


 


 


 


 


 

1/Tupen 2


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

1/Tupen 3


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

1/ Tupen 4


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

1/ Tupen 5


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2/Tupen 1


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2/Tupen 2


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2/Tupen 3&4


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

2/Tupen 5 

Memberikan HE tentang pengertian, penyebab, gejala, perawatan anak dengan gizi buruk


 


 


 


 

Memberi motivasi keluarga untuk melakukan perawatan secara efektif untuk anaknya


 


 


 


 


 


 


 

-Anjurkan keluarga untuk membuat menu khusus/diet untuk anaknya

-Menganjurkan keluarga untuk melakukanpengukuran BB dan status gizi secara continue


 


 

-Menganjurkan keluarga untuk membersihkan lingkungan seperti menyapu lantai, mengepel, menghindari bau yang tidak sedap yang tujuannya untuk menciptakan lingkun gan yang baik sehingga memberikan suasana yang nyaman untuk makan


 


 


 


 


 

-Menganjurkan keluarga untuk melakukan control BB dan status gizi ke puskesmas setiap1 bulan sekali

-Menganjurkan keluarga apabila terjadi masalah kesehatan untuk memeriksakan diri ketempat pelayanan kesehatan


 


 


 


 


 


 


 


 

-Menggali kemampuan keluarga tentang lingkungan sehat

-Memberikan pujian kepada keluarga bila mampu menyebutkan cara memelihara lingkungan (mengolah sampah)

Menjelaskan kepada keluarga tentang lingkungan sehat


 


 


 


 


 


 


 


 


 

-Menggali kemampuan keluarga tentang cara pengambilan keputusan, diskusi, cara menata dan memelihara lingkungan

Menjelaskan cara menata lingkungan (pengolah sampah)


 


 


 


 


 


 


 


 


 

-Menggali kemampuan keluarga dalam memelihara lingkungan dan memodifikasi lingkungan (pengolahan sampah)

-Memberi motifasi pada keluaarga agar memelihara lingkungan bersih

-Menjelaskan pada keluarga agar mau menata ulang lingkungan (tempat pembuangan sampah)


 


 

-Berdiskusi dengan keluarga tentang fasilitas kesehatan yang ada

-Menjelaskan pada keluarga fasilitas kesehatan yang ada

-Memberi motivasi pada keluarga untuk memenfaatkan fasilitas kesehatan yang ada

S = Keluarga dapat menjelaskan kembali

O = Keluarga kooperatif dan mau aktif bertanya

A = Tujuan 1 tercapai

P = Lanjutkan tupen 2

S = Keluarga dapat menjelaskan cara perawatan secara efektif untuk anaknya

O = Keluarga melakukan perawatan secara efektif untuk anaknya

A = Tujuan 2 tercapai

P = Lanjutkan tupen 3

S = Keluarga dapat membuat menu khusus untuk anaknya

O = Keluarga bias menimbang BB anaknya dengan menghitung status gizi secara continue

A = Tujuan 3 tercapai

P = Lanjutkan tupen 4

S = Keluarga dapat menjelaskan cara membersihkan lingkungan seperti menyapu, mengepel, menghindari bau yang tidak sedap dan tujuannya

O = Keluarga membersihkan lingkungan, menyapu, mengepel, menghindari bau

A = Tujuan 4 tercapai

P = Lanjutkan tupen 5

S = keluarga mengatakan telah melakukan control BB dan status gizi dan apabila terjadi masalah memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan

O = Keluarga pergi kepuskesmas/pelayanan kesehatan untuk memeriksakan keluarganya

A = Tujuan 5 tercapai

P = Pertahankan kondisi


 

S = Keluarga dapat menjelaskan kembali tentang lingkungan sehat serta mampu menyebutkan kembali cara memelihara lingkungan (mengolah sampah)

O = keluarga kooperatif, aktif bertanya, dan tidak meninggalkan tempat diskusi pada saat diskusi berlangsung

A = Tujuan 1 tercapai

P = Lanjutkan pada tupen 2 pada hari selasa 2/10/2007

S = Keluarga dapat menjelaskan kembali bagaiman cara menata lingkungan (pengolahan sampah) dan mau menata lingkunga

O = keluarga kooperatif, aktif bertanya, dan tidak meninggalkan tempat diskusi pada saat diskusi berlangsung

A = Tujuan 2 tercapai

P = Lanjutkan pada tupn 3 hari rabu 3/10/2007

S = Keluarga mau memelihara lingkungan dan menata lingkungannya(mau mengolah sampahnya)

O = keluarga kooperatif, aktif bertanya, dan tidak meninggalkan tempat diskusi

A = Tupen 3 & 4 tercapai

P = Lanjutkan tupen 5 pada hari kamis, 4/10/2007

S = Keluarga berjanji akan memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada tidak hanya puskesmas tetepi juga rumah sakit

O = keluarga kooperatif, aktif bertanya, dan tidak meninggalkan tempat diskusi pada saat diskusi berlangsung

A = Tujuan tercapai

P= Pertahankan kondisi


 


 


 


 


 


 


 


 


 

INFEKSI SISTEMIK PADA PASIEN BEDAH SARAF YANG DIRAWAT INTENSIF

        INFEKSI SISTEMIK PADA PASIEN 

        BEDAH SARAF YANG DIRAWAT INTENSIF


 


PATOGENESIS DAN PENCEGAHAN INFEKSI SISTEMIK

        PADA PASIEN KRITIS


 

        Perlunya  perawatan intensif pasien bedah saraf  kritis 

        berakibat secara fungsional mengumpulkan banyak  pasien 

        pada  ruangan  yang  relatif  kecil.  Dengan  seringnya 

        intervensi  perawatan, berakibat  penyebaran  organisme 

        dari  pasien  kepasien.  Teori  penanggulangan  infeksi 

        mutakhir  mengira infeksi silang oleh perawat,  dokter, 

        dan  staf  lainnya  menjadi  medium  utama   penyebaran 

        bakteri nosokomial. Tangan berperanan penting pada 


 


 

        Tabel 8-1

        Sitokin Utama Yang Berperan Pada Sistema Pertahanan Tubuh

        ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Sitokin Sumber Pengaruh

        ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

        Interferon Alfa               Makrofag            Hambat proliferasi sel, aktifkan sel pembunuh alamiah (NK cells)

        Faktor Nekrosis Tumor (TNF)   Makrofag            Rangsang pelepasan reaktan fase akut; Rangsang produksi IL-1;

                                                          Induksi demam, kemotaksis neutrofil, dan katabolisme otak

        Interleukin 1 (IL-1)          Makrofag            Aktifkan sel T; Tingkatkan sintesis limfokin; 

                                                          Induksi demam, kemotaksis neutrofil

        Interleukin 6 (IL-6)          Makrofag dan Sel T  Rangsang pertumbuhan sel B dan T; Aktifkan sel B matang

        Interleukin 2 (IL-2)          Sel T               Rangsang pertumbuhan dan aktifkan limfosit

        Interleukin 4 (IL-4)          Sel T CD4           Rangsang pengaktifan dan pertumbuhan limfosit dan makrofag

        Interferon Gamma              Sel T               Aktifkan makrofag, dan sel NK

        Interleukin 5 (IL-5)          Sel T               Aktifkan eosinofil dan sel B

        ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


 


 


 


 

        infeksi silang dan mencuci tangan adalah  'satu-satunya 

        tindakan terpenting untuk mencegah infeksi nosokomial'. 

        Sayangnya disiplin mencuci tangan pada perawat dan 

        dokter  sangat  buruk. Walau pemakaian  gaun  pelindung 

        adalah  bijaksana, kebijaksanaan dan tindakan  higienis 

        lain  seperti pemakaian masker, topi,  pelapis  sepatu, 

        penyemprotan   disinfektan,   penyinaran   ultraviolet, 

        karpet  yang  lengket,  pengawasan  bakteriologis,  dan 

        aliran udara laminer saat ini dianggap kuno.

             Semua  komponen  sistema  pertahanan  tubuh  dapat 

        terganggu  pada  pasien yang  dirawat  intensif.  Sawar 

        epitel  rusak  melalui berbagai cara;  epidermis  dapat 

        rusak  karena  cedera atau tindakan bedah,  dan  mukosa 

        dapat cedera oleh pipa endotrakheal, pipa  nasogastrik, 

        dan  kateter uretra. Karena beratnya penyakit,  kateter 

        vaskuler terpasang sering diperlukan dan membawa risiko 

        invasi  mikrobial.  Durasi pemasangan  jalur  periferal 

        pada  satu  tempat  serta  perawatan  terhadap   tempat 

        pemasangan  berhubungan  langsung  dengan   kemungkinan 

        sepsis.  Jalur sering dipasang saat keadaan  emergensi. 

        Semua  kateter  harus dipindahkan ketempat  yang  lebih 

        terpantau dan dengan tindakan aseptik sesegera mungkin. 

        'Center   for  Disease  Control'  menganjurkan   cairan 

        intravena  diganti  setiap hari, sedangkan  selang  dan 

        kateter intravena diganti setiap 2-3 hari, dan  kateter 

        arterial  diganti  tiap 4 hari untuk  mencegah  sepsis. 

        Tindakan  profilaktik  lain  adalah  mengganti   sirkit 

        ventilator setiap 2 hari. Peningkatan pemakaian kateter 

        vena sentral tiga lumen berakibat meningkatnya  sepsis. 

        Hubungan  temporal antara saat memasang kateter,  onset 

        kolonisasi  kateter, dan onset sepsis telah  diketahui, 

        dan mengganti jalur intravaskuler letak sentral  setiap 

        7 hari mengurangi sepsis yang berhubungan dengan jalur. 

             Pasien   kritis  mekanisme  pertahanannya   sangat 

        terganggu  dalam mempertahankan homeostasis  orofaring. 

        Dalam   keadaan  normal  orofaring   merupakan   koloni 

        bakteria anaerob nonpatogen (mikroflora residen) dan 

        terkadang sejumlah kecil Staphylococcus, Streptococcus, 

        dan Haemophylus sp. Pertumbuhan bakteria patogen, virus 

        dan  ragi yang baru tertelan dihambat  oleh  lingkungan 

        yang  diciptakan  oleh  mikroflora  dan  oleh   refleks 

        orofaring dengan salivasi dan menelan. Penggunaan  yang 

        sering agen antimikrobial, terutama penisilin, membunuh 

        mikroflora  residen  anaerob hingga  merusak  mekanisme 

        pertahanan yang penting ini. Pasien bedah saraf  sering 

        memiliki gangguan salivasi dan menelan karena  gangguan 

        kesadaran.   Telah  dibuktikan  hampir  semua   infeksi 

        nosokomial didahului kolonisasi orofaring oleh bakteria 

        penginfeksi.

             Pasien  trauma  dan pasca bedah  sering  mengalami 

        ileus  serta telah terbukti bahwa peristaltik  membantu 

        mengurangi kolonisasi mikroba patogen pada traktus  GI. 

        Yang  umum digunakan untuk mengurangi keasaman  lambung 

        pada pasien koma adalah antasida dan antagonis H2, yang 

        terbukti berperan pada kolonisasi lambung oleh  bakteri 

        patogen  gram  negatif.  Kolonisasi  sering  24-48  jam 

        setelah pasien masuk dan biasanya didahului  kolonisasi 

        orofaring.  Penelitian  mutakhir  memperlihatkan  bahwa 

        peninggian  pH  hingga lebih dari 4 oleh  antasida  dan 

        antagonis  H2  tidak memperlihatkan manfaat  dalam  hal 

        pembentukan  ulkus. Dengan majunya agen-agen  pelindung 

        lambung  yang  efektif seperti  sukralafat,  dianjurkan 

        penghentian  pemakaian antasida dan antagonis H2  untuk 

        pencegahan ulkus.

             Refleks  'gag'  dan  batuk  membantu   terciptanya 

        keadaan  asepsis  sistema  bronkhopulmoner.   Mekanisme 

        pertahanan ini sering terganggu atau hilang pada pasien 

        bedah  saraf,  mempermudah aspirasi.  Tindakan  seperti 

        pemasangan  pipa nasogastrik dan intubasi  jalan  nafas 

        juga   membawa  mikroba  orofaring  patogen   kesistema 

        pulmoner. Dihipotesakan bahwa bahwa infeksi  nosokomial 

        dapat  dicegah  dengan menghambat  kolonisasi  bakteria 

        patogen  dan  fungi  diorofaring.  Insidens   pneumonia 

        nosokomial pada pasien gawat yang diintubasi turun dari 

        15-59  hingga 3-8 % dengan pemakaian lokal  tobramisin, 

        polimiksin  E  dan  amfoterisin  B  berupa  pasta  pada 

        orofaring dan berupa larutan kedalam pipa gastrik. Juga 

        terjadi  pengurangan  kasus infeksi traktus  kemih  dan 

        sepsis dengan cara ini. Tidak pernah dilaporkan  adanya 

        strain  basiler  gram  negatif  yang  resisten   akibat 

        antimikrobial  enteral yang tak diabsorbsi  ini.  Tentu 

        terapi ini akan bermanfaat pada pasien bedah saraf yang 

        mendapatkan intubasi jangka lama seperti pasien  cedera 

        otak dan pasien perdarahan subarakhnoid derajat parah.

             Kesimpulan,   pencegahan  infeksi  adalah   dengan 

        mengurangi  risiko,  mencegah  infeksi  silang,  tehnik 

        aseptik optimum, dan pemberian terapi tepat bila timbul 

        infeksi.


 


 


PNEUMONIA


 

        Seperti  telah  dikatakan diatas,  penurunan  kesadaran 

        dengan  keharusan  intubasi endotrakheal  menjadi  pre-

        disposisi  timbulnya infeksi pulmoner  nosokomial  pada 

        pasien  bedah  saraf yang  gawat.  Demam,  leukositosis 

        perifer  dan  memberatnya hipoksemia  merupakan  tanda-

        tanda  yang  biasa dijumpai.  Foto  sinar-x  dada  bisa 

        memperlihatkan   infiltrat  yang  baru,  namun   proses 

        pulmoner  yang mendasari membuat  interpretasi  menjadi 

        sulit.  Pewarnaan Gram terhadap sputum  dengan  sedikit 

        kontaminasi  sel-sel epitelial berlapis  gepeng  sangat 

        penting;  adanya  jumlah  yang  besar  dari   neutrofil 

        mendukung diagnosis pneumonia, dan organisme predominan 

        biasanya bisa disaksikan.

             Tindakan  terhadap pneumonia harus  dituntun  oleh 

        hasil   biakan.  Sementara  hasil  kultur  belum   ada, 

        pengetahuan epidemiologis lokal sering bermanfaat dalam 

        menentukan  tindakan  awal. Sering  organisme  tertentu 

        'bersirkulasi' diruangan; kewaspadaan akan hal tersebut 

        menuntun  terapi  segera.  Bila  tidak  ada   organisme 

        predominan,  pendekatan  umum  adalah  tindakan  secara 

        empiris  terhadap organisme yang mungkin paling  sulit, 

        P.  aeruginosa, menunggu hasil kultur. Penisilin  anti-

        pseudomonal  dikombinasi dengan   aminoglikosida,  atau 

        monoterapi dengan seftazidim dianjurkan. S. aureus bisa 

        sebagai penyebab infeksi pulmoner dan adanya  organisme 

        yang  tampilannya  menyerupai  stafilokokus  memerlukan 

        penambahan  antibiotik tahan penisilinase, beta  laktam 

        atau vankomisin.

             Toilet  pulmoner  ketat dan hidrasi  yang  memadai 

        merupakan tindakan tambahan yang penting, walau hidrasi 

        terkadang  dikontraindikasikan  pada  beberapa   pasien 

        bedah saraf. Penggunaan bed yang berosilasi  bermanfaat 

        mencegah pneumonia pada pasien dengan cedera tumpul dan 

        merupakan   tindakan  tambahan  yang  bermanfaat   pada 

        infeksi pulmoner yang telah terjadi. Walau telah dengan 

        tindakan   agresif,   mortalitas  tetap   tinggi   pada 

        pneumonia nosokomial.


 


 


SINUSITIS


 

        Sering sulit didiagnosis pada pasien gawat karena tidak 

        dapat mengeluhkan nyerinya. Sinusitis nosokomial  harus 

        diperkirakan pada pasien dengan demam dan  leukositosis 

        yang tidak dapat dijelaskan. Faktor risiko utama adalah 

        pipa  nasogastrik dan nasotrakheal, terutama  pada  in-

        tubasi  jangka  lama.  Fraktura  tengkorak  dan  sumpal 

        hidung   dapat  berperan.  Patogen   respiratori   atas 

        tradisional  adalah  H. inflenzae  dan   S. pneumoniae, 

        namun  patogen gram negatif nosokomial sering  terjadi. 

        Sinusitis  memerlukan  terapi tepat  karena  komplikasi 

        intrakranialnya,  seperti osteomielitis,  empiema  sub-

        dural,  meningitis, dan abses otak memiliki insidens  4 

        persen.


 


 


INFEKSI GENITOURINER


 

        Infeksi  traktus kemih sering terjadi  diruangan  serta 

        sering   merupakan  fokus  dari  bakteremia   sekunder. 

        Kateterisasi   kandung   kemih   adalah   yang   paling 

        bertanggung-jawab  atas terjadinya bakteriuria.  Risiko 

        infeksi berhubungan dengan lamanya kateterisasi kandung 

        kemih dan sistema drainasi uriner yang tidak  tertutup. 

        Semua  usaha harus dilakukan untuk  mengurangi  lamanya 

        kateterisasi dan memakai tehnik aseptik saat  mengambil 

        spesimen.   Penggunaan   antibiotik   dan   antimikroba 

        profilaktik  tidak  efektif  untuk  menjaga  kesterilan 

        kateter  indwelling.  Urinalisis  serta  biakan   tetap 

        merupakan patokan diagnosis. Infeksi patogen  tersering 

        adalah  batang gram negatif enterik, P. aeruginosa  dan 

        Streptococcus faecalis.


 


 


 


BAKTEREMIA


 

        Bakteremia  pada pasien parah tersering  sekunder  atas 

        fokus  di traktus uriner, kulit, jaringan  lunak,  atau 

        paru-paru.  Bila tidak ada fokus yang jelas,  peralatan  

        intravaskuler yang terinfeksi harus dipersangkakan  dan 

        dilakukan  biakan  semikuantitatif  dari  tip  kateter. 

        Organisme    seperti    Staphylococcus     epidermidis, 

        S. aureus,  dan Candida sp. adalah  patogen  tersering; 

        namun  basil gram negatif tetap  harus  diperhitungkan. 

        Terapi   atas   persangkaan  bakteremia   akibat   alat 

        intravaskuler   adalah  kombinasi   vankomisin   dengan 

        sefalosporin   generasi  ketiga,  agen  pertama   untuk 

        S. epidermidis,  juga  terhadap  S. aureus  yang  tahan 

        metisilin  yang  kasusnya meningkat pada  banyak  rumah 

        sakit. Terapi kemudian disesuaikan dengan hasil  b

        dan hasil tes sensitifitas. 


 

sponsor

sponsor